Kamis, 06 Februari 2014

ULASAN ARTIKEL


MENGUBAH MINDSET BELAJAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN MENGGUNAKAN FILM ANIMASI
Artikel ini membahas tentang penerapan ICT dalam proses pembelajaran yaitu dengan penggunaan film animasi. Dimana anak usia dini merupakan masa dimana anak sedang tumbuh dan berkembang dengan pesatnya, serta dapat menyerap infoemasi yang diberikan dengan cepat atau dapat pula disebut dengan masa “golden age”. Materi apapun dapat diajarkan kepada anak namun harus dalam konteks bermain. Bermain merupakan aktivitas yang dilakukan dan sangat disenangi anak. Tugas guru adalah menyelipkan materi pembelajaran tersebut dalam kegiatan bermain yang dilakukan anak.
Pada usia 4 sampai 6 tahun merupakan masa peka anak dimana pada masa ini merupakan peletakan dasar pertama dalam pengembangan fisik, motorik, bahasa, sosial, emosional dll. Agar potensinya dapat berkembang dengan optimal diperlukan stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Bermain merupakan salah satu poin penting untuk anak usia dini. Dengan kegiatan bermain yang bersifat edukatif akan dapat menstimulasi tahap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bermain merupakan kegiatan yang menggunakan seluruh indra sehingga mengembangkan motorik kasar, motorik halus, konsentrasi, kepekaan dll.
Media ICT yang direkomendasikan dalam artikel ini adalah media film animasi, dimana film animasi biasanya sangat digemari oleh anak karena tokohnya yang lucu dan menarik. Dengan film animasi yang tampilannya berupa tayangan audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa tida mudah bosan dan tetap bersemangat dalam belajar. Tayangan film animasi yang ditampilkan hendaknya yang bernuansa edukasi sehingga dapat melatih moral, pengetahuan serta keterampilan siswa. Sejalan dengan penerapan ICT sangat penting juga menanamkan pendidikan karakter sejak dini. Karena tidak bisa dipungkiri selain berdampak positif ICT juga dapat berdampak negatif jika orang yang menggunakannya tidak berakhlak.
Jadi penggunaan ICT dapat membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menarik, menyenangkan, siswa lebih termotivasi dan semangat belajar dengan tayangan animasi yang menarik. ICT juga penting untuk mempersiapkan anak menghadapi masa yang akan datang, sehingga perlu sejak awal diperkenalkan ICT dengan cara mengintegrasikannya di dalam proses pembelajaran serta dengan penerapan pendidikan karakter diharapkan dapat membantu anak dalam menghadapi tantangan global.
 http://yozidwikayani.blogspot.com/2013/08/mengubah-mindset-belajar-pendidikan-anak-usia-dini-paud-dengan-menggunakan-film-animasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar